22/10/2013

Macam mana nak jawab salam - Waalaikumsalam atau waalaikumussalam

Segala puji bagi rabb semesta alam. Dialah yang telah menyatukan hati-hati orang-orang yang beriman. Sholawat serta salam semoga selalu dilimpahkan-Nya kepada guru besar kita, rasul kita, Muhammad Rasulullah.

Sebuah syiar yang luar biasa telah mewarnai alam ini. Suara hati pelebur nurani, memalingkan keangkuhan. Dia mengingatkan makhluk kepada Zat Pemberi keselamatan. Pupuk benih cinta di hati ummat. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Itulah penghormatan yang begitu indah. Berisi do’a untuk kebahagiaan dunia dan akhirat….

Bismillah…
Waalaikumsalam atau waalaikumussalam

inilah teks arab dari balasan salam terhadap orang lain :

وَعَلَيْكُمْ السَّلامُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Perlu kita ketahui bahwasanya kalimat menjawab salam tersebut terdiri dari 3 kata, yaitu Wa, ‘alaikum, dan Assalām. Namun dalam pembahasan ini kita coba mengombinasikan wa dan ‘alaikum menjadi satu sehingga menjadi wa’alikum untuk mempermudah. Jika kita membaca wa’alaikum salamalif-lamnya otomatis lenyap. Sedangkan kalau kita membaca wa’alaikumussalām, itulah yang lebih benar.


Masya Allah, ternyata masih banyak hal-hal di sekitar kita yang belum kita fahami. Barangkali setiap hari kita mengucapkan salam. Mungkin juga menjawab salam. Tetapi ternyata kita masih melakukan kesalahan. Jangan-jangan ini juga terjadi di ibadah lainnya. Naudzubillahi min dzalik.

Wallahuaklam.

Sumber: rohisaluswah (Macam mana nak jawab salam - Waalaikumsalam atau waalaikumussalam).

1 comments so far


EmoticonEmoticon