10/02/2016

10 Syarat Sah Wudhu

Tags

Berikut adalah syarat sah wudhu, agar sholat yang kita kerjakan juga ikut sah.

Syarat wudhu ada 10:

1- Islam.

2- Tamyiz (berakal), yakni anak yang sudah beranjak besar atau dapat membezakan mana yang baik dan mana yang buruk. Diperkirakan umur anak yang mencapai tamyiz adalah sekitar 6-7 tahun.

10 Syarat Sah Wudhu


3- Suci daripada haid dan nifas. Karena wanita yang sedang haid dan nifas itu masih dalam keadaan belum suci.


4- Bersih dari apa saja yang bisa mencegah sampainya air ke kulit. Contoh ada sesuatu yang menempel di kulit yang tentu saja membuat air tidak menyentuh kulit.

5- Bersih anggota wudhunya dari apa saja yang bisa mengubah keaslian air. Seperti masih ada bekas make-up. Bersihkan dulu bekas make-up tersebut barulah berwudhu.

6- Mengetahui segala fardhu/rukun wudhunya. Karena tidak mengerjakan/ketinggalan mengerjakan yang fardhunya, maka wudhunya pun menjadi tidak sah.

7- Tidak mengi'tikadkan/menganggap salah satu dari yang fardhu dari wudhu itu adalah sunnah. Tapi sebaliknya, jika menganggap salah dari yang sunnah itu fardhu, maka wudhunya tetap sah.

8- Air yang digunakan itu adalah air yang suci dan mensucikan (sah untuk menghilangkan najis).

9- Masuk waktu sholat.

10 -Muwalah (berturut-turut).

Khusus untuk nombor 9 dan 10, dua syarat ini diperuntukkan bagi mereka yang senantiasa berhadas, baik hadas kecil mahupun besar. Seperti orang yang tidak henti-hentinya kencing atau kentut.

Wallahuaklam.

1 comments so far

makasih min lagi belajar memperbagus wudhu


EmoticonEmoticon